Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Melakukan Douching saat Hamil

cara menghilangkan bau vagina

DokterSehat.Com– Mom, pernah dengar istilah douching untuk membersihkan vagina? Douching adalah cara untuk membersihkan vagina menggunakan kantong dengan semprotan yang berisi cairan kimia tertentu. Umumnya wanita melakukan douching agar vagina terasa lebih bersih. Namun douching ternyata tidak disarankan untuk Anda yang sedang hamil.

Bahaya douching saat hamil

Umumnya para wanita hamil melakukan douching untuk mengurangi keputihan berlebih. Sebagian besar wanita memang mengalami peningkatan cairan keputihan ketika hamil dan ini merupakan hal yang wajar.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), melakukan douching secara rutin justru dapat mengubah pH dan komposisi flora pada vagina. Selain itu wanita yang sering melakukan douching memiliki risiko untuk mengalami iritasi dan infeksi vagina.

Nah ketika keputihan mengalami perubahan dari segi warna, bau, tekstur, atau diikuti gejala lainnya, hal ini dapat menjadi tanda bahwa vagina Anda mengalami infeksi. Jika terdapat tanda tersebut sebaiknya Anda tidak melakukan douching.

Infeksi pada vagina dapat memicu kelahiran prematur pada janin. Selain itu vagina juga merupakan organ pada tubuh yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Cairan oembersih vagina mengandung zat yang dapat mengubah komposisi bakteri vagina yang sebagian besar merupakan bakteri baik yang bertugas menjaga pH vagina.

Tips membersihkan vagina saat hamil

Saat hamil, kebersihan vagina juga merupakan sesuatu hal yang harus dijaga. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan air hangat dan hindari menggunakan sabun pembersih vagina yang mengandung parfum.

Setelah buang air besar, bersihkan vagina dari arah depan ke belakang, Hal ini untuk menghindari kotoran dari arah anus tidak sampai ke arah vagina. Jangan lupa untuk mengeringkan vagina dengan tisu atau handuk yang bersih.