Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nyeri Perut Menahun, Ternyata Karena Ribuan Batu Empedu

doktersehat-operasi

DokterSehat.Com– Seorang pria bernama Yogesh Yeole dari India datang ke dokter karena mengeluhkan nyeri pada perutnya selama beberapa tahun terakhir. Dokter pun dengan sigap segera melakukan pemeriksaan. Tak disangka, penyebab dari nyeri perut ini adalah adanya 4.100 batu empedu di dalam sang pria!

Dilansir dari Fox News, batu empedu ini memiliki ukuran yang bervariasi dari 2 hingga 4 milimeter. Untuk mengeluarkan ratusan batu empedu ini, operasi pun harus dilakukan tim medis dari Krishna Hospital Nashik selama 2,5 jam. Setelah menjalani fase pemulihan pasca operasi, kondisi Yogesh kini dikabarkan sudah jauh lebih baik.

Dr. Amid Shared Kele yang menangani kondisi kesehatan Yogesh menyebutkan bahwa pasiennya adalah tidak memiliki riwayat masalah kesehatan yang buruk. Pada 25 Mei 2018 lalu, Yogesh datang kepadanya karena mengeluhkan rasa sakit luar biasa pada perutnya. Saat ditanya, Yogesh mengaku nyeri pada perutnya ini sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya namun tidak begitu Ia hiraukan karena sebelumnya tidak begitu mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Dr. Amid pun segera menggunakan sonografi untuk memeriksa perutnya. Hasilnya adalah, terdapat batu empedu yang memicu sakit perut ini, namun, saat menjalani operasi darurat pada 26 Mei 2018 lalu, Dr. Amid tidak menyangka jika batu empedu yang harus diangkat berjumlah sebanyak ini.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa batu empedu bisa disebabkan oleh beberapa hal, yakni faktor genetik, berat badan yang tidak ideal, menurunnya gerakan kantong empedu, dan asupan makanan yang tidak sehat. Batu empedu bisa bertambah jumlahnya akibat terlalu banyak kolesterol yang ada dalam empedu.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menjaga gaya hidup, khususnya pola makan yang sehat agar tidak mudah mengalami masalah batu empedu.