Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Mengatasi Flu Saat Hamil

doktersehat flu saat hamil

DokterSehat.Com– Daya tahan tubuh ibu hamil umumnya cenderung melemah sehingga rentan untuk terkena penyakit, termasuk flu. Sayangnya ibu hamil tidak bisa minum obat flu yang beredar di pasaran. Lalu, bagaimana mengatasi flu saat hamil?

Penanganan flu saat hamil

Flu atau influenza umumnya disebabkan oleh virus pada pernapasan. Sebenarnya flu merupakan penyakit yang bisa sembuh dalam waktu 7-10 hari. Namun bagi ibu hamil, flu ringan dapat berujung pada komplikasi seperti pneumonia dan bronkitis. Selain itu flu saat hamil juga berisiko menyebabkan bayi lahir prematur atau berat badan bayi lahir rendah.

Untuk itu, bagi ibu hamil yang mulai merasakan gejala flu sebaiknya mencegah perkembangan flu jadi semakin parah dengan beberapa cara berikut:

1. Perbanyak istirahat

Sejak gejala flu mulai terasa, ibu hamil disarankan untuk banyak beristirahat dan mengurangi aktivitas berat. Jika Anda adalah ibu hamil yang aktif bekerja, maka sebaiknya hindari bekerja lembur dan manfaatkan waktu istirahat siang di kantor dengan baik.

2. Makan makanan sehat

Selain beristirahat, ibu hamil juga disarankan untuk makan makanan sehat dan memperbanyak asupan bergizi seperti sayur dan buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C. Saat flu, ibu hamil juga disarankan untuk makan makanan yang hangat seperti sup untuk membantu melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

3. Kumur air garam

Ibu hamil juga disarankan untuk meringankan batuk dengan cara alami yaitu berkumur dengan air hangat dan garam. Lakukan sehari 2-3 kali selama beberapa hari hingga tenggorokan terasa membaik.

4. Periksakan ke dokter

Saat hamil, Anda tidak diperbolehkan minum sembarang obat karena dapat membahayakan kondisi janin. Sebagian dokter melarang penggunaan obat flu pada ibu hamil sebelum usia kehamilan memasuki 12 minggu, namun ada juga yang melarang hingga kehamilam mencapai 28 minggu.

Untuk meredakan demam, dokter mungkin akan memberikan parasetamol. Selain itu obat yang termasuk aman bagi ibu hamil adalah dekstrometorfan, guaifenesin, atau obat lain sesuai resep dokter.

Meskipun flu sebenarnya adalah penyakit yang tergolong ringan, namun bisa berbahaya bagi ibu hamil. Untuk pencegahannya, Anda juga bisa melakukan vaksinasi influenza selama kehamilan. Konsultasikan mengenai kebutuhan vaksin influenza pada dokter Anda karena ada beberapa jenis vaksin flu yang tidak direkomendasikan bagi wanita hamil.