Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Bahan Alami yang Ampuh untuk Menyembuhkan Sariawan

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti, termasuk Anda pasti pernah mengalami sariawan, bukan? Ya, sariawan adalah sebuah gangguan kesehatan yang ditandai dengan terjadinya peradangan pada sekitar bibir, gusi, dan lidah. Sariawan sendiri biasanya akan meninggalkan bercak putih dan kemerahan yang disertai dengan rasa nyeri, terlebih saat harus makan dan minum.

Sariawan bisa terjadi akibat tubuh yang kekurangan vitamin C serta kurang menjaga kebersihan mulut. Gangguan kesehatan ini memang cukup menyebalkan karena aktivitas makan menjadi terganggu akibat rasa nyeri yang ditimbulkan. Biasanya, banyak orang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk meredakan rasa nyeri akibat sariawan.

Namun, tahukah Anda bahwa ada cara aman untuk menyembuhkan sariawan tanpa obat. Cara tersebut adalah dengan menggunakan bahan alami yang telah dipercaya sejak turun-menurun. Apa saja bahan alami tersebut? Berikut diantaranya:

1. Air Kelapa

Banyak yang menyebut air kelapa sebagai air ajaib. Sebab, air kelapa telah terbukti bisa memberikan segudang manfaat baik bagi kesehatan, bahkan juga bisa menawarkan racun. Namun, selain itu ternyata air kelapa juga bisa meredakan sariawan secara efektif dan cepat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu berkumur dengan air kelapa secara rutin. Untuk khasiat yang lebih baik, jangan menambahkan bahan lain seperti madu atau sejenisnya. Biarkan tawar agar khasiatnya semakin terasa.

2. Es Batu

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Bahan alami yang satu ini bisa meredakan rasa nyeri akibat kram otot saat latihan beban. Lantas, tak hanya itu saja, es batu juga bisa Anda gunakan sebagai pereda nyeri saat sariawan. Sebab, suhu dingin yang Anda dapatkan dari es batu bisa menstabilkan aliran darah pada organ sekitar bibir yang sedang sariawan.

3. Air Garam

Untuk cairan yang satu ini biasa digunakan sejak dulu sebagai obat sakit gigi. Faktanya memang benar, air garam bisa meredakan nyeri akibat dari gigi berlobang. Lantas, air garam juga bisa Anda gunakan sebagai obat sariawan dengan cara dikumur. Tapi ingat, jangan sampai air garam tersebut tertelan. Usahakan setelah berkumur air garam, lalu bersihkan mulut dengan air biasa.