Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jutaan Orang Datang ke Negara Ini Demi Operasi Plastik

operasi_plastik_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/Spitalier Philippe

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda membayangkan orang-orang berwisata ke negara lain hanya untuk melakukan operasi plastik? Dalam realitanya hal ini benar-benar terjadi di Thailand. Negeri Gajah Putih yang dikenal dengan wisata pantainya ini ternyata juga dibanjiri jutaan wisatawan setiap tahunnya yang ingin melakukan operasi plastik disana.

Dilansir dari CNN, Badan Pariwisata Thailand menyebutkan bahwa dari sekitar 20 juta wisatawan asing yang datang ke negara tersebut setiap tahunnya, setidaknya 1,2 juta diantaranya datang demi melakukan operasi plastik. Angka ini hampir sama dengan wisatawan yang ingin melakukan operasi plastik di Singapura.

Bagaimana bisa ada banyak orang yang datang ke Thailand hanya demi untuk melakukan operasi plastik? Hal ini ternyata disebabkan oleh harga operasi plastik yang cenderung lebih murah di sana jika dibandingkan dengan di negara-negara lain. Tak hanya itu, pilihan yang bisa didapatkan saat melakukan operasi plastik disini juga lebih banyak. Tak hanya mengoperasi hidung atau bagian wajah lainnya, banyak orang yang melakukan operasi penggantian kelamin disini.

Industri operasi plastik di Thailand semakin berkembang sejak krisis ekonomi global melanda Asia pada sekitar 1997-an. Saat itu, mata uang Thailand, Baht, ikut melemah sehingga harga operasi plastik disana menjadi lebih murah dibandingkan dengan di negara lain. Tak disangka, krisis ekonomi ini menjadi berkah bagi bisnis operasi plastik disana.

Kini, di ibukota Bangkok saja terdapat setidaknya 30 klinik atau rumah sakit resmi yang bisa menjadi tempat para wisatawan untuk melakukan operasi plastik.