Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Jaggery untuk Merawat Rambut

khasiat-jagerry-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/Element5 Digital

DokterSehat.Com– Mungkin banyak dari Anda yang penasaran dengan Jaggery. Jaggery merupakan salah satu hasil olahan dari air tebu yang dimasak hingga menjadi kristal. Sekilas, Jaggery memang terlihat seperti gula merah. Kendati demikian, Jaggery ternyata mengandung beragam bahan aktif yang lebih banyak dan bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut.

1. Melebatkan Rambut

Dilansir dari laman Stylecraze, Jaggery merupakan salah satu bahan alami yang biasa digunakan untuk mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh. Sebagai tambahan informasi, rambut rontok biasanya disebabkan lantaran aliran darah yang tidak sehat pada kulit kepala yang juga disebabkan oleh banyaknya kandungan zat toksin. Mengaplikasikan atau mengonsumsi Jaggery ternyata dapat membersihkan zat racun sehingga aliran darah kembali lancar. Kondisi yang demikian juga akan menstimulasi pertumbuhan rambut menjadi lebih subur dan lebat.

2. Mencegah Rambut Kering

Bagi Anda yang kerap beraktivitas di bawah sinar matahari tentu akan mengalami sejumlah masalah. Salah satunya adalah rambut yang menjadi kering, kasar atau bahkan pecah-pecah. Hal ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar UV yang terlampau banyak sehingga mengikis kelembapan rambut. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan bahan yang mengandung antioksidan seperti Jaggery.

3. Mencegah Rambut Memutih

Kandungan antioksidan pada Jaggery ternyata juga dapat melindungi rambut dari masalah penuaan. Hal ini tentu saja akan membantu Anda menjaga agar rambut tidak berubah warna menjadi putih alias beruban. Selain itu, kulit kepala juga menjadi lebih kencang sehingga rambut tidak mudah rontok.

Wah siapa yang akan menyangka jika Jaggery yang notabene merupakan hasil olahan air tebu memiliki beragam khasiat untuk merawat rambut. Apalagi penggunaan Jaggery ini sudah sejak lama dilakukan oleh sejumlah orang, terutama masyarakat India.