Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Darah Haid Sedikit

doktersehat menstruasi setelah melahirkan

DokterSehat.Com– Darah haid yang keluar saat seorang wanita datang bulan tidak selalu sama, kadang jumlahnya sedikit, hanya berupa flek-flek cokelat yang selesai dalam 3 hari. Tapi di bulan berikutnya bisa saja sangat banyak dan berupa gumpalan. Lantas apa penyebab sedikit banyaknya darah haid?

dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, dokter spesialis kandungan dari RSUD Leuwiliang Bogor menjelaskan bahwa gangguan haid karena volume darah haid dibedakan menjadi dua, yaitu hipomenorrhea dan hipermenorhhea.

  • Hipomenorrhea terjadi jika volume darah haidnya kurang dari 3 pembalut sehari.
  • Hipermenorhhea jika volume darah haidnya lebih dari 5 pembalut sehari.

Akan tetapi dalam perjalanannya, terminologi hipermenorrhea dijadikan satu dengan menorrhagia, yaitu jika lama haid lebih dari 7 hari atau volume darah haid lebih dari 80 cc (5 pembalut lebih dalam sehari).

Penyebab Darah Haid Sedikit

1. Penyebab psikologis

Penyebab psikologis ini beragam. Mulai dari ketakutan yang berlebih, kecemasan, sampai kepada rasa kesal yang teramat sangat. Kondisi jiwa memengaruhi kondisi fisik. Salah satunya dapat memberikan perubahan pada sistem kontrol hormonal di dalam tubuh. Individu dengan kondisi kejiwaan yang labil bisa tidak menstruasi atau biasa disebut  menjadi dengan istilah amenorrhea.

2. Penyebab fisik

Penyebab fisik dapat dibagi menjadi fisik yang dipengaruhi oleh kondisi tubuh sesaat, seperti kelelahan. Kelelahan sebagaimana keadaan jiwa yang labil dapat berpengaruh terhadap sistem hormonal tubuh. Sekresi hormon yang terkait dengan fungsi seksual bisa mengalami perubahan, sehingga darah haid yang keluar sedikit.

Kelelahan sebagai penyebab darah haid sedikit ini biasanya jika disertai dengan kelelahan mental, jadi tidak hanya sekadar lelah fisik semata. Sebagai contoh adalah keletihan pada para karyawan dengan beban kerja tinggi. Kelelahan tersebut pada umumnya disertai dengan keletihan psikis.

3. Penyebab fisik akibat penyakit

Penyakit tertentu dapat menjadi penyebab terjadinya darah haid yang sedikit. Misalnya adanya kista atau tumor pada kandungan, adanya masalah kelainan hormonal tubuh, kerusakan sistem organ reproduksi dan lain sebagainya.

4. Kurang tidur

Masalah ini nampaknya cukup sepele, namun dapat berakibat kurang baik pada siklus hormonal dalam tubuh yang berhubungan dengan menstruasi.

5. Faktor alat KB

Ternyata alat KB dapat memengaruhi sistem reproduksi dan darah haid yang keluar. Alat KB yang berpengaruh tidak harus yang bersifat hormonal, melainkan Intra Uterine Device (IUD) pun berpengaruh.

6. Mengalami sindrom ovarium polikistik

Alasan lain mengapa menstruasi Anda mungkin sedikit adalah sindrom ovarium polikistik, atau PCOS untuk jangka pendek. Ini adalah gangguan umum sistem endokrin Anda yang menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.

Jika Anda memiliki sindrom ini, kemungkinan besar Anda memiliki banyak kista kecil di indung telur yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, menyebabkan kelebihan rambut, jerawat, obesitas, dan periode yang jarang.

Jadi, jika selain periode Anda memiliki gejala lain ini, Anda mungkin ingin meminta dokter memeriksa indung telur untuk mencari kista.

7. Memiliki hipertiroidisme

Tiroid Anda mengontrol bagaimana sel-sel memetabolisme energi, yang memengaruhi tubuh dengan berbagai cara. Jika menderita hipertiroidisme, itu berarti kelenjar tiroid Anda terlalu memproduksi hormon tiroid. Ini menyebabkan tubuh kencang dan dapat menyebabkan merasa gugup dan gelisah, sulit tidur, atau kehilangan berat badan. Ini juga dapat menyebabkan menstruasi menjadi lebih ringan atau lebih jarang daripada biasanya.

8. Stres

Stres menyebabkan segala macam masalah kesehatan reproduksi. Ketika sedang stres, tubuh akan melepaskan dua hormon: adrenalin dan kortisol. Bahan kimia ini mengganggu keseimbangan hormon yang lain, beberapa di antaranya adalah yang bertanggung jawab atas sistem reproduksi Anda.

Secara khusus, kortisol memengaruhi berapa banyak estrogen dan progesteron yang dihasilkan tubuh. Jadi jika Anda stres dan tubuh dibanjiri dengan kortisol, menstruasi Anda bisa datang terlambat atau bahkan dilewati.0

Pengobatan

Masa darah haid sedikit mungkin disebabkan oleh salah satu dari banyak faktor. Kondisi ini mungkin dialami satu kali. Jika haid menetap atau mengalami gejala yang mengganggu, Anda mungkin perlu perawatan lebih lanjut.

Dokter akan membahas kemungkinan alasan untuk periode haid dan menguji Anda untuk berbagai kondisi untuk menentukan rencana perawatan yang tepat.

Periode haid sedikit yang persisten dan bermasalah dapat diobati dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan. Terkadang, penggunaan kontrasepsi hormonal dapat membantu menstruasi menjadi lebih teratur. Jika periode haid Anda adalah tanda sesuatu yang lebih serius, perawatan mungkin termasuk obat lain atau intervensi lain.

Demikian penjelasan mengenai penyebab darah haid sedikit, semoga dapat dijadikan bahan referensi yang bermanfaat ya, Teman Sehat!