Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Disangka! Ini 5 Keunggulan Jamur yang Membuatnya Super Sehat

Manfaat-gizi-jamur-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Dean Morley

DokterSehat.Com– Anda penggemar jamur? Tanaman yang satu ini memang memiliki tampilan dan rasa yang unik, namun tak hanya itu, jamur juga memiliki berbagai manfaat dan kandungan gizi yang penting untuk pemenuhan kebutuhan tubuh sehari-hari, lho.

Berdasarakan data dari WebMD, ada 14.000 jenis jamur yang ada di dunia, meksipun hanya separuhnya yang aman dan boleh dikonsumsi, kita masih memiliki beragam jenis jamur yang bisa kita manfaatkan sebagai bagian dari masakan sehari-hari.

Sebut saja jamur shitake, enoki dan jenis lainnya yang memiliki bentuk rasa dan tekstur yang unik. Lalu, apa saja sih keunggulan yang ada pada jamur?

Pakar kesehatan dan gizi, Kathleen Zelmaan menyebutkan bahwa jamur bisa menjadi salah satu alternatif sayur yang padat gizi.

Hal ini dilihat dari berbagai kandungan dan manfaat unggulan jamur, yaitu:

1.Sumber vitamin dan mineral yang lengkap

Jika sudah memilih jamur sebagai sumber bahan makanan, maka Anda tak perlu pusing lagi memikirkan harus mengonsumsi suplemen atau multivitamin.

jamur-doktersehat
photo credit : pexels.com

Hal ini disebabkan jamur secara umum memiliki kandungan vitamin B kompleks yang lengkap, yaitu vitamin B5, B3 dan B2, vitamin D, serta kandungan mineral penting lain misalnya selenium, kalsium, kalium dan tentu saja serat.

Tak kalah dengan sayur yang lain, jamur juga memiliki kandungan air cukup tinggi yaitu 90%.

2.Memiliki efek obat

Salah satu keunggulan mengonsumsi jamur ketimbang jenis sayur lainnya adalah Anda bisa mendapatkan manfaat yang mirip dengan fungsi obat.

doktersehat-jamur-shitake-kanker-serviks
Photo Credit: frgetmenot

Meskipun belum banyak studi yang membuktikan hal ini, namun bubuk jamur, suplemen atau ekstrak jamur dinilai mampu menjanjikan efek yang mampu membuat tubuh lebih sehat karena mampu menyembuhkan dan mencegah berbagai jenis penyakit. Hal ini tentu sangata menarik, bukan?

3.Kandungan antioksidan yang tinggi

Jamur memiliki dua jenis antioksidan yang paling tinggi diantara jenis sayur lainnya, yaitu ergothioneine dan glutathione. Kedua jenis kandungan antioksidan ini ada cukup tinggi kadarnya pada jamur jenis porcini.

doktersehat-jamur-tiram-oyster-mushroom

Kedua jenis zat antioksidan tersebut mulai diteliti manfaatnya untuk mencegah penyakit parkinson dan alzheimer.

Pada jenis jamur lainnya kandungan antioksidan juga sama tingginya, hal ini akan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga efektif mencegah terjadinya kanker.

4.Alternatif pengganti daging

Anda sedang dalam rencana mengurangi asupan konsumsi daging harian? Jika ya, maka Anda bisa mulai beralih memilih jamur sebagai bagian dari pengganti daging.

Anda bisa mengawalinya dengan menyajikan daging bersamaan dengan banyak jamur.

Manfaat-gizi-jamur-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Dean Morley

Tidak hanya cocok, namun hal ini juga akan mendukung asupan vitamin dan serat yang baik bagi tubuh lebih banyak.

Jika sudah terbiasa, Anda bisa menyajikan jamur, dengan sedikit tambahan daging, dan saus yang akan membuat sajian jamur Anda jadi super nikmat. Tertarik mencobanya?

5.Menurunkan berat badan

Siapa yang tidak tergiur mendengar manfaat penurunan berat badan? Jamur bisa jadi salah satu bahan makanan yang akan mendukung tubuh jadi lebih langsing, lho. Hal ini akan efektif jika jamur dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dan dijadikan bagian dari makanan sehari-hari.

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet

Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi pada jamur mendukung fungsi ini lebih maksimal karena mampu menekan nafsu makan dan melancarkan metabolisme tubuh utamanya pencernaan.

Selain itu, jamur juga cenderung rendah kalori yang membuat Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah cukup banyak tanpa khawatir berat badan makin bertambah.

Nah, itu dia lima manfaat jika kita mengonsumsi jamur secara rutin, Anda tertarik untuk menjadikan jamur bagian dari konsumsi makanan sehari-hari?