Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat di dalam Pesawat

doktersehat menjaga kulit
photo credit: Pexels by Moose

DokterSehat.Com– Saat sedang melakukan perjalanan jauh, mungkin sebagian besar orang akan memilih untuk menempuhnya melalui jalur udara, yakni dengan moda transportasi pesawat terbang. Hal ini dikarenakan lebih efektif dalam memangkas waktu karena lebih cepat sampai di tempat tujuan.

Akan tetapi, pada saat sedang menempuh perjalanan menggunakan pesawat terbang, Anda mungkin akan malas menggunakan pelembap kulit maupun sunscreen. Padahal, ada dampak buruk yang akan terjadi saat Anda sedang menggunakan pesawat terbang, yakni kerusakan pada kulit Anda.

Oleh sebab itu, diperlukan usaha untuk tetap menjaga kelembapan kulit Anda, diantaranya:

1. Minum Air Putih yang Banyak

Selama melakukan perjalanan yang cukup jauh, Anda mungkin akan mengalami dehidrasi, khususnya pada kulit. Ketika kulit dehidrasi, maka kulit akan hilang kelembapannya. Sehingga untuk mengatasinya Anda harus bisa mengatasi dehidrasi kulit tersebut terlebih dahulu dengan minum air putih yang banyak sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang. Selain itu, Anda juga bisa minum air kelapa muda agar kulit tidak terlihat pucat.

2. Aplikasikan Pelembap

Cara mudah untuk mencegah kulit kehilangan kelembapannya adalah dengan cara mengaplikasikan pelembap ke kulit Anda secara menyeluruh sebelum melakukan penerbangan. Udara yang gersang di dalam kabin pesawat bisa mengambil kelembapan kulit Anda. Tidak hanya kulit saja, bibir Anda mungkin juga akan menjadi kering, sehingga Anda perlu membawa lip balm yang bisa digunakan untuk melembapkan kulit.

3. Membawa Lotion

Selain pelembap, jangan lupa untuk membawa lotion yang bisa Anda aplikasikan ke seluruh tubuh sebelum melakukan penerbangan. Lotion ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyengat kulit. Seperti yang Anda tahu bahwa paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit, mulai dari masalah ringan hingga berat, seperti kanker kulit. Untuk itu, luangkan sedikit waktu untuk mengaplikasikan lotion ke seluruh kulit sebelum melakukan penerbangan.

4. Kurang Tidur

Sempatkan waktu untuk tidur sebentar di dalam pesawat. Sebab, jika Anda kurang tidur, maka menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan bisa membuat kulit Anda ditumbuhi oleh jerawat. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan wajah secara teratur agar minyak tidak tersumpah pada pori-pori kulit wajah Anda yang bisa menyebabkan jerawat.