Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Testosteron yang Aman pada Tubuh Pria

doktersehat meningaktkan testosteron

DokterSehat.Com – Bagi pria, banyak dan tidaknya testosteron di dalam tubuh sangatlah penting. Hormon ini memiliki banyak peranan sehingga tidak bisa dilupakan begitu saja. Melupakan testosteron sama halnya mematahkan tanda kelamin primer dan sekunder pria yang menentukan kesehatan  seksual dan reproduksinya.

Kadar hormon testosteron di dalam tubuh hanya bisa dilihat di laboratorium. Namun, tanda langsung pada tubuh terlihat cukup nyata seperti pria yang sering lemas dan juga lelah.

Nah, untuk memastikan kadar testosteron di dalam tubuh tidak mengalami gangguan, kita disarankan untuk menjaga dan meningkatkannya. Untuk melakukan hal ini Anda tidak disarankan menggunakan obat-obatan tertentu yang berbahaya, tapi beberapa cara di bawah ini.

Manfaat hormon testosteron

Sebelum membahas materi tentang cara meningkatkan testosteron, ada baiknya jika kita tahu terlebih dahulu apa manfaat dari hormon ini pada tubuh pria.

  • Membantu perkembangan otot pada pria. Hormon ini membantu otot tumbuh dengan baik sehingga pria bisa mendapatkan tubuh yang besar dan padat. Kalau kada hormon ini rendah di dalam tubuh, beberapa gangguan akan terjadi semisal otot jadi kendur dan terjadi pecah otot untuk pengganti tenaga.
  • Pria yang mengalami gangguan penurunan testosteron juga mudah sekali menumpuk lemak di dalam tubuh. Itulah mengapa pria yang sudah lanjut usia cenderung lebih gemuk.
  • Turunnya testosteron di dalam tubuh juga menyebabkan gangguan fungsi seksual. Pria akan mengalami penurunan gairah seksual secara masif perlahan-lahan. Kondisi ini juga bisa memicu susahnya mendapatkan ereksi yang sempurna.
  • Hormon ini juga memengaruhi kondisi kesehatan tulang dan tentu saja kesuburan yang dimiliki oleh pria.

Cara meningkatkan hormon testosteron

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon testosteron dengan mudah pada tubuh pria.

  1. Mulai perbanyak olahraga

Hormon testosteron di dalam tubuh pria akan meningkat kalau kondisi tubuh berjalan dengan lancar. Banyaknya lapisan lemak di dalam tubuh akan menyebabkan hormon menurun dengan cepat dan menimbulkan gangguan.

Agar pria tidak mengalami gangguan itu, mereka disarankan untuk mulai memperbanyak olahraga. Olahraga ini dilakukan untuk menurunkan kadar lemak dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Atur pola makan dengan benar

Salah satu penyebab banyaknya timbunan lemak di dalam tubuh adalah pola makan yang tidak benar. Pola makan ini menyebabkan apa saja masuk tanpa bisa dikontrol. Akibat pola makan yang kacau, Anda mengalami surplus kalori dan diubah jadi lemak.

Kalau kadar testosteron di dalam tubuh meningkat, usahakan untuk bisa mengatur pola makan dengan benar. Usahakan kalori harian tidak melebihi batas yang terlah ditentukan.

  1. Konsumsi makanan yang kaya seng

Konsumsi makanan yang kaya akan seng. Zat itu meningkatkan testosteron dengan lebih mudah dan cepat. Seng bisa didapatkan pada beberapa makanan laut seperti tiram dan aneka kerang lainnya. Mengonsumsi makanan laut akan memicu testosteron naik dan juga libido yang meluap-luap.

Berbarengan dengan makanan yang kaya akan seng, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Makanan jenis ini akan menumpuk lemak terlalu banyak.

  1. Jangan merokok

Rokok mempengaruhi kadar testosteron di dalam tubuh dengan cepat. Racun yang ada di dalam rokok bisa membuat tubuh susah memproduksi hormon itu sehingga gangguan seksual dan reproduksi bisa terjadi dengan lebih cepat. Kalau ingin kadar hormon ini naik, sebisa mungkin berhenti merokok.

Sekarang sudah tahu kan apa manfaat dari testosteron dan bagaimana cara alami untuk meningkatkannya tanpa perlu obat atau suntikan?