Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Toksoplasmosis – Penyebab, Gejala, Diagnosis dan Pengobatan

toksoplasmosis-doktersehat

DokterSehat.Com– Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondii. Ini dapat ditemukan di dalam kotoran kucing dan memasak daging yang kurang matang, terutama daging rusa, domba, dan babi. Parasit ini juga dapat ditularkan melalui air yang terkontaminasi. Toksoplasmosis dapat mematikan atau menyebabkan cacat lahir yang serius bagi janin jika ibu terinfeksi. Inilah sebabnya dokter merekomendasikan agar wanita hamil tidak mengambil atau membersihkan kotak kotoran kucing.

Penyebab Toksoplasmosis

Parasit Toxoplasma gondii menjadi penyebab toksoplasma. Parasit ini menyerang sebagian besar spesies makhluk hidup berdarah panas (misalnya, kucing, babi, domba, dan manusia) dan menyebabkan penyakit toksoplasmosis. Hewan inang yang memungkinkan parasit untuk menyelesaikan siklus hidupnya adalah kucing (kucing domestik dan relasi kucing lainnya dalam famili Felidae).

Meskipun manusia tidak dapat tertular penyakit tokso dari anak atau orang dewasa yang terinfeksi, Anda dapat terinfeksi jika:

1. Bersentuhan dengan kotoran kucing yang mengandung parasit

Anda dapat menelan parasit secara tidak sengaja jika menyentuh mulut setelah berkebun, membersihkan kotak kotoran, atau menyentuh apa pun yang bersentuhan dengan kotoran kucing yang terinfeksi. Kucing yang berburu atau yang diberi makan daging mentah kemungkinan besar akan mengandung T. gondii.

2. Mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi

Daging domba, babi, dan daging rusa kemungkinan besar terinfeksi oleh T. gondii. Kadang-kadang, produk susu yang tidak dipasteurisasi juga mengandung parasit. Air yang terkontaminasi oleh T. gondii.

3. Menggunakan pisau, talenan atau peralatan lainnya yang terkontaminasi

Peralatan dapur yang bersentuhan dengan daging mentah dapat melindungi parasit kecuali jika peralatan dicuci secara menyeluruh dalam air sabun yang panas.

4. Makan buah dan sayuran yang tidak dicuci

Permukaan buah-buahan dan sayuran mungkin mengandung parasit. Agar aman, cuci bersih dan kupas semua produk, terutama yang Anda makan mentah.

5. Transplantasi organ atau transfusi darah yang terinfeksi

Dalam kasus yang jarang terjadi, toksoplasmosis dapat ditularkan melalui transplantasi organ atau transfusi darah.

Ketika seseorang terinfeksi T. gondii, parasit membentuk kista yang dapat memengaruhi hampir semua bagian tubuh – seringkali otak dan jaringan otot organ yang berbeda, termasuk jantung.

Jika Anda secara umum sehat, sistem kekebalan tubuh mengendalikan parasit. Mereka tetap berada dalam tubuh dalam keadaan tidak aktif, memberikan Anda kekebalan seumur hidup sehingga  tidak dapat terinfeksi parasit lagi. Tetapi jika sistem kekebalan Anda dilemahkan oleh penyakit atau obat-obatan tertentu, infeksi dapat diaktifkan kembali, yang menyebabkan komplikasi serius.

Faktor Risiko Toksoplasmosis

Siapa pun berisiko terinfeksi penyakit tokso. Parasit Toxoplasma gondii dapat ditemukan di seluruh dunia. Anda berisiko mengalami masalah kesehatan serius akibat infeksi penyakit toksoplasmosis jika:

  • Anda mengidap HIV / AIDS. Banyak orang dengan HIV / AIDS juga memiliki penyakit toksoplasmosis, baik infeksi baru-baru ini atau infeksi lama yang telah diaktifkan kembali.
  • Anda sedang menjalani kemoterapi. Kemoterapi memengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi ringan sekalipun.
  • Anda menggunakan steroid atau obat imunosupresan lainnya. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kondisi-kondisi non-ganas tertentu menekan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih mungkin untuk mengalami komplikasi toksoplasmosis.

Gejala Toksoplasmosis

Kebanyakan orang yang terinfeksi toksoplasma tidak menunjukkan gejala. Gejala toksoplasma biasanya berupa pembengkakan kelenjar getah bening leher dan gejala flu yang reda dalam beberapa minggu atau bulan tanpa pengobatan. Organisme parasit tetap dalam tubuh dalam keadaan laten dan mungkin aktif kembali jika orang tersebut menjadi immunocompromised (mengalami penurunan imunitas).

Sebagai contoh, pasien dengan AIDS dapat terkena suatu lesi di otak karena reaktivasi toksoplasma. Pasien kemoterapi dapat mengalami keterlibatan organ seperti mata, jantung (miokarditis), paru-paru atau keterlibatan otak ketika parasit menjadi aktif kembali.

Infeksi toksoplasma bawaan (kongenital) dapat menyebabkan kerusakan berat pada mata, telinga, dan kerusakan otak pada saat lahir. Namun, infeksi kongenital mungkin asimtomatik (tanpa gejala) sampai beberapa tahun pertama kehidupan atau bahkan sampai dekade kedua atau ketiga kemudian mata menunjukkan penurunan penglihatan atau kebutaan, atau pada telinga adanya gangguan pendengaran, atau gejala kerusakan otak (toksoensefalitis, kejang, perubahan status mental ). Toksoplasmosis adalah penyebab utama dari chorioretinitis (radang retina dan koroid mata) seperti di Amerika Serikat.

Toxo encephalitis adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa Toxoplasma gondii. Penyakit tampaknya terjadi hampir secara eksklusif karena reaktivasi kista jaringan laten. 1-4 Infeksi primer kadang-kadang dikaitkan dengan penyakit serebral akut atau diseminata.

Pengobatan Toksoplasmosis

Karena sebagian besar orang tidak mengalami gejala toksoplasma ketika terkena penyakit toksoplasmosis, maka individu yang terinfeksi jarang mencari perawatan medis. Namun, orang yang mengalami pembengkakan kelenjar getah bening dan terkena gejala seperti flu harus mempertimbangkan mencari pengobatan toksoplasmosis secara medis jika mereka telah diketahui atau diduga kontak dengan kucing atau makanan kucing yang terkontaminasi.

Jika wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau sedang hamil mengalami gejala-gejala ini, mereka harus mencari perawatan medis. Individu immunocompromised, terutama mereka dengan infeksi HIV, juga harus mencari perawatan medis jika gejala yang disebutkan di atas terjadi atau jika mereka mengalami gejala pada mata atau perubahan status mental.

Tindak lanjut untuk toksoplasmosis

Toksoplasmosis dapat diobati secara medis. Ada beberapa obat kombinasi untuk mengobati infeksi oleh parasit ini. Meski begitu, keadaan individu masing-masing pasien menentukan optimalnya kombinasi obat, dosis dan durasi. Misalnya, pasien yang hamil atau dengan HIV/AIDS memerlukan pertimbangan dan perlakuan khusus. Cara terbaik untuk menentukan perawatan medis individual berdasarkan situasi kesehatan pasien dan konsultasi dengan dokter ahli.

Pasien yang telah didiagnosis dengan toksoplasmosis memerlukan tindak lanjut dengan dokter yang merawatnya. Orang dengan infeksi ringan mungkin perlu sedikit tindak lanjut jika tidak ada perawatan medis yang diperlukan. Namun ibu hamil dan bayi memerlukan tindak lanjut untuk menentukan apakah pengobatan toksoplasmosis tambahan diperlukan.

Pasien immunocompromised, terutama pasien HIV, memerlukan pengobatan  seumur hidup dan evaluasi lanjutan. Orang-orang yang diketahui telah memiliki toksoplasmosis di masa lalu dan telah menjadi immunocompromised (misalnya, orang HIV, pasien kanker atau kemoterapi) perlu menginformasikan ke tenaga kesehatan tentang infeksi yang dialaminya. Orang-orang ini memerlukan tindak lanjut dengan terapi antitoksoplasma. Diskusikan dengan dokter tentang pengobatan toksoplasmosis yang tepat untuk masing-masing individu.

Diagnosis

Kebanyakan orang terinfeksi tidak akan memiliki gejala fisik yang bisa ditemukan, tetapi pada pemeriksaan fisik, beberapa akan memiliki pembesaran kelenjar getah bening leher (temuan fisik yang paling umum), atau pembesaran limpa atau hati.

Infeksi menengah sampai berat dapat terjadi (terutama bayi) atau meningkat karena keterlibatan hati, masalah mata (penurunan penglihatan atau kebutaan), meningoencephalitis (radang otak dan lapisan otak), kejang, pneumonitis, dan perubahan status mental. Sayangnya, banyak penyakit lainnya dapat menyebabkan gejala ringan dan berat yang sama seperti toksoplasmosis (misalnya, penyakit Chagas, giardiasis, malaria, abses otak, sepsis, cytomegalovirus, dan banyak lainnya).

Untungnya, ada sejumlah tes yang dapat membantu membedakan toksoplasmosis dari penyakit lain dan memberikan bukti untuk diagnosis dugaan atau definitif. Diagnosis definitif toksoplasmosis ditegakkan dengan adanya organisme Toxoplasma gondii dalam darah, cairan tubuh (misalnya, cairan tulang belakang atau ketuban), atau jaringan (sampel biopsi).

Tes lain dapat menghasilkan diagnosis dugaan dan didasarkan pada respons kekebalan seseorang terhadap parasit. Cairan tubuh dapat diuji dengan PCR dan teknik enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA) yang dapat mengindikasikan infeksi akut. Tes lain, tes Sabin-Feldman, mengukur antibodi IgG pasien yang ditujukan terhadap parasit dan merupakan tes acuan standar untuk toksoplasmosis.

Antibodi IgG menunjukkan bahwa infeksi toksoplasmosis telah terjadi di masa lalu, tetapi tidak mengatakan apakah infeksi sekarang adalah akibat T. Gondii, sehingga hanya disimpulkan bahwa orang tersebut ‘pernah’ terinfeksi T. gondii. Tes lain mendeteksi antibodi IgM yang ditujukan terhadap parasit dan dapat mendeteksi antibodi ini minggu pertama infeksi, sehingga bisa mengatakan bahwa infeksi sekarang adalah akibat T. gondii.

Sementara itu, pemilihan waktu untuk pelaksanaan tes ini penting karena merupakan interpretasi hasil. Diagnosa yang salah dapat terjadi ketika seseorang memiliki hasil tes toksoplasmosis positif karena penyakit lain yang menyebabkan gejala-gejala serupa.

Prognosis Toksoplasmosis

Kebanyakan orang yang mendapatkan toksoplasmosis akan memiliki hasil yang sangat baik tanpa masalah jangka pendek atau jangka panjang yang signifikan. Namun, janin yang terinfeksi atau bayi memiliki prognosis yang buruk, tergantung kapan janin terinfeksi, seberapa cepat penyakit berlangsung, diagnosis, dan respon terhadap pengobatan.

Prognosis biasanya memburuk jika janin terinfeksi pada trimester pertama. Hal ini  bisa menyebabkan janin seperti mati atau mengalami masalah fisik dan mental yang berat pada saat lahir. Individu immunocompromised memiliki prognosis buruk, tergantung pada seberapa cepat diagnosis dibuat dan respon pengobatan.

Pencegahan Toksoplasmosis

Pencegahan toksoplasmosis berpusat pada penghindaran parasit. Berikut ini adalah hal-hal yang disarankan oleh  ahli kesehatan untuk mencegah atau mengurangi kesempatan untuk mendapatkan toksoplasmosis:

  • Memasak semua daging dengan benar-benar matang (pembekuan daging selama beberapa hari juga dapat mengurangi kemungkinan menelan toksoplasma).
  • Hati-hati mencuci tangan dan peralatan setelah memegang daging mentah.
  • Cuci buah dan sayuran sebelum dimakan.
  • Jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi atau minum air yang tidak disaring dengan baik.
  • Jika memelihara kucing, berikan makan yang dapat dibeli secara komersial seperti produk-produk makanan kucing atau makanan yang matang.
  • Jika ingin merawat kucing, pastikan mendapatkan vaksinasi toksoplasmosis.
  • Wanita hamil harus mengenakan sarung tangan saat berkebun.

Untuk diketahui, wanita hamil yang terinfeksi toksoplasmosis dapat menginfeksi janinnya. Segera lakukan pengobatan untuk mengurangi kemungkinan menginfeksi janin. Donor organ dan darah yang terinfeksi toksoplasma juga dapat menularkan parasit kepada penerima donor.