Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Makan Sehat Untuk Tingkatkan Konsentrasi

biji-rami-doktersehat
Photo Credit: flickr.com/HealthAliciousNess

DokterSehat.Com– Anda sulit berkonsentrasi? Konsentrasi atau fokus dalam melakukan sesuatu tentu sangat dipengaruhi dengan asupan makanan dan zat gizi. Untuk itu ketahui makanan apa saja yang mampu meningkatkan konsentrasi yang harus Anda konsumsi.

Uwe Grober, seorang pakar kesehatan dan mikronutrien dari Jerman, menyebutkan bahwa asupan zat gizi yang tepat, baik zat gizi makro dan mikro menjadi kunci penting dalam meningkatkan konsentrasi. Hal ini berlaku untuk semua usia, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Beberapa pilihan makanan yang mampu meningkatkan konsentrasi dalam melakukan aktivitas adalah:

1.Konsumsi makanan berkarbohidrat kompleks dan tinggi serat

Wholegrain adalah makanan berkarbohidrat kompleks yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi tubuh. Makanan berkarbohidrat kompleks mampu memberikan energi lebih lama dibandingkan makanan karbohidrat sederhana seperti gula atau permen. Roti gandum utuh, oat, atau nasi bisa Anda pilih sebelum melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi.

2.Makan teratur setiap 3-4 jam dalam sehari

Konsentrasi penuh untuk melakukan aktivitas harian bisa diraih dengan konsumsi makan utama 3 kali dalam sehari, diiringi dengan camilan diantara waktu makan. Hal ini akan menyuplai energi secara teratur. Pilih camilan yang tinggi kalori dan serat, misalnya buah manis agar membantu konsentrasi tetap terjaga.

3.Konsumsi minyak flaxseed

Minyak flaxseed memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Selain rendah lemak jenuh, kandungan minyak flaxseed disebut mampu mendukung konsentrasi dalam beraktivitas. Konsumsilah 1-2 sendok makan minyak flaxseed untuk mendukung konsentrasi harian Anda.

4.Menghindari makanan alergi atau intoleransi

Makanan yang menyebabkan alergi atau intoleransi akan membuat reaksi medis pada tubuh. Hal ini mengganggu sistem imun sehingga konsentrasi tidak terbentuk. Untuk itu hindari konsumsi makanan atau produk dengan bahan makanan yang mengandung alergen.

Nah, itu dia tips sehat untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Dengan pilihan makanan yang tepat, tidak hanya konsentrasi yang terbentuk namun juga asupan gizi tubuh bisa lebih baik, ya.