Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makan Lada Terpedas di Dunia, Pria Ini Dilarikan ke Rumah Sakit

Photo Source: Flickr/Soshimomura

DokterSehat.Com– Saat kita mengonsumsi makanan yang sangat pedas, maka kita biasanya sudah bersiap untuk mengalami sensasi yang sangat menyakitkan. Tak hanya rasa panas dan terbakar pada mulut, ada yang sampai mengalami muntah-muntah dan sakit perut yang cukup parah. Bahkan, jika sensasi pedas ini sangat parah, kita bisa mengalami sakit kepala yang intens.

Photo Source: Flickr/Soshimomura

Hal inilah yang dialami oleh seorang pria yang tidak disebutkan namanya dari New York, Amerika Seriket. Dilansir dari NY Times, pria berusia 34 ini baru saja mengonsumsi Carolina Reaper, lada terpedas di dunia menurut Guinness World Records saat ambil bagian dalam sebuah kompetisi mengonsumsi lada super pedas. Ia langsung dilarikan ke Bassett Medical Center di kota Cooperstown, New York karena mengalami sakit kepala yang sangat parah.

Setelah mengonsumsi lada, pria ini langsung mual-mual serta mengalami nyeri di leher dan kepala. Sakit kepala ini digambarkan seperti berdenyut dan sangat intens di kepalanya hingga beberapa hari sehingga Ia pun memutuskan untuk meminta pertolongan medis.

Dalam kasus yang kemudian dilaporkan di BMJ Case Reports ini, pemindaian di kepala dan leher sang pria menunjukkan bahwa terjadi penyempitan di beberapa pembuluh darah arteri yang memicu sakit kepala yang intens. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai reversible cerebral vasoconstriction syndrome.

Dr. Kulothungan Gunasekaran yang terlibat dalam penulisan laporan ini menyebutkan bahwa sang pria sepertinya mengalami masalah tubuh yang terlalu sensitif pada capsaicin. Padahal, sensasi pedas Carolina Reaper dikenal luas bisa membuat kita mengalami sensasi ingin memotong lidah karena sangat menyiksa.

Beruntung, kondisi sang pria semakin membaik meskipun sakit kepalanya masih membuatnya menderita. Bagi para dokter, hal ini sepertinya adalah efek yang normal dari kandungan lada yang ia konsumsi.

Kalau sobat sehat berani tidak makan lada paling pedas di dunia ini?