Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati, Ini 8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B

depresi, gejala depresi akut, pengobatan depresi - DokterSehat

DokterSehat.Com– Sering tidak nafsu makan dan stress? Kedua tanda tersebut bisa menjadi tanda tubuh kekurangan vitamin B lo. Kira-kira sudahkah Anda memenuhi kebutuhan vitamin B Anda?

Vitamin B, memiliki cukup banyak jenis, mulai dari B1, B2, B6, B9 hingga B12. Umumnya vitamin B ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing jenis vitamin B memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Jika tubuh kurang memenuhi asupan salah satu jenis vitamin B, maka reaksi yang muncul ke tubuh tentu berbeda-beda.

Untuk itu, Uwe Grober, pakar kesehatan dan mikronutrien dari Academy for Micronutrient Medicine, menyebutkan bahwa mengenali tanda-tanda kekurangan vitamin B kompleks penting untuk kita ketahui. Karena umumnya tanda tubuh kekurangan vitamin B ini muncul jika asupan sebagian besar jenis vitamin tidak terpenuhi.

Tanda-tanda yang muncul jika tubuh kekurangan vitamin B kompleks adalah:

1.Kehilangan nafsu makan
2.Emosi mudah berubah, mudah tersinggung, stress hingga depresi
3.Sakit kepala
4.Memori jangka pendek menurun
5.Konsentrasi menurun, fungsi mental berkurang
6.Lemas, mudah lelah, fungsi fisik menurun
7.Mudah mengalami sakit, imunitas menurun
8.Tubuh mudah mengalami infeksi

Jika Anda mengalami lebih dari tiga tanda tanda diatas hampir bersamaan atau dalam jangka waktu yang berdekatan, maka besar kemungkinan Anda mengalami kekurangan vitamin B kompleks.

Kedelapan tanda diatas merupakan tanda kekurangan gizi yang muncul akibat kekurangan beberapa jenis vitamin B secara bersamaan. Misalnya kekurangan vitamin B1, B2 dan B6 yang meningkatkan risiko terjadinya kelelahan dan sakit kepala.

Untuk itu penting bagi kita selalu memenuhi kebutuhan vitamin B harian tubuh. Vitamin B secara umum dapat diperoleh dari bahan makanan yang mudah kita peroleh, misalnya daging merah, sayur berdaun hijau dan kacang-kacangan.

Penerapan pola makan sehat yang seimbang dan bervariasi akan mampu memenuhi kebutuhan vitamin B tubuh dari asupan makanan harian.