Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas, 3 Kebiasaan Olahraga ini Justru Bikin Anda Sakit

kesalahan-saat-gym-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Olahraga memang salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk mendapat kebugaran serta kesehatan tubuh. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang sangat terobsesi dengan olahraga untuk mendapatkan kesehatan. Tapi, tahukah Anda bahwa olahraga juga bisa mendatangkan penyakit bila dilakukan dengan cara yang salah?

Photo Credit : pexels.com

Ya, cara yang salah dalam olahraga tak banyak diketahui orang. Parahnya lagi, kesalahan-kesalahan tersebut sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan sebagian orang dalam setiap kali berolahraga. Nah, apa saja kebiasaan yang salah tersebut? Berikut diantaranya:

1. Olahraga dalam Keadaan Perut Kosong

Apakah Anda termasuk orang yang sering olahraga saat keadaan perut kosong? Jika iya, maka ubahlah kebiasaan tersebut. Sebab, menurut pakar kebugaran dari ISSA dan NSCA, menyarankan agar setiap orang yang hendak melakukan olahraga untuk mengisi perutnya terlebih dahulu, alias makan. Namun, makan pun tidak dalam waktu dekat, tapi ada jarak sekitar 1 sampai 2 jam sebelum olahraga agar tidak menimbulkan kram perut.

2. Kurang Protein

Perlu diketahui, saat berolahraga atau latihan kebugaran, Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya protein. Hal itu dilakukan untuk menghindari cidera otot. Sebab, protein sendiri bisa memperbaiki sel otot yang rusak. Selain itu, protein juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh Anda saat kalori sedang dibakar ketika berolahraga. Protein bisa Anda dapatkan dari makanan-makanan sehat seperti telur, ikan, kacang-kacangan, dan sebagainya.

3. Terlalu Memforsir Tubuh

Hal ini biasanya dilakukan oleh orang yang baru saja tergabung dalam latihan kebugaran. Biasanya orang yang baru berolahraga, pasti sangat semangat dan memforsir tubuhnya pada hari pertama hingga sangat lelah dan mengeluarkan keringat. Padahal, kebiasaan ini tidak benar karena jika Anda memforsir tubuh, maka cadangan energi dalam tubuh Anda akan habis juga. Saat sudah seperti itu, maka tubuh Anda akan sangat rentan mengalami cidera yang ditandai dengan rasa nyeri pada sekujur tubuh.