Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Organ Intim Wanita Memiliki Warna Lebih Gelap Daripada Bagian Tubuh Lainnya?

doktersehat-organ-intim-wanita-vagina

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda menyadari jika organ kewanitaan Anda memiliki warna lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya? Hal tersebut adalah fakta dan kadang menjadi pertanyaan besar bagi kaum wanita. Sebab, walaupun tubuhnya memiliki warna yang putih mulus, tapi mengapa area vagina berwarna lebih gelap dari warna asli kulit. Misalnya pada bagian labia atau bibir vagina.

Hal ini juga tidak terbatas pada wanita saja. Pasalnya, pria pun mengalami hal serupa, yaitu warna penis biasanya lebih gelap dan sedikit hitam bila dibandingkan warna kulit asli mereka. Padahal, organ intim selalu tertutup dan tidak terkena cahaya matahari. Lantas, kenapa warnanya bisa menjadi lebih gelap dari warna kulit aslinya?

Menurut penuturan ahli dermatologi dari New York, kejadian tersebut dikarenakan pengaruh dari hormon seks dalam tubuh seseorang. Nah, hormon seks itu sendiri bisa mengatur melanosit, yaitu sel kulit yang memproduksi melamin. Lantas, melamin inilah yang tugasnya memberikan warna pada rambut serta kulit seseorang. Jadi, kondisi warna kulit seseorang tergantung dari melamin yang berada pada tubuhnya.

Melamin memang ditentukan oleh faktor genetik seseorang, tapi melamin sendiri bisa berubah-ubah oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor gesekan atau tekanan. Maka tak heran, jika Anda menekan salah satu bagian tubuh Anda dengan waktu lama, warnanya akan berubah sementara dan akan kembali normal dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu.

Nah, seperti diketahui, bagian intim seseorang, khususnya wanita memang selalu mendapat tekanan yang cukup kuat dari penggunaan celana dalam hingga celana ketat. Hal tersebut bisa menyebabkan pembuluh darah banyak terjebak pada area tersebut sehingga warnanya menjadi lebih gelap. Selain itu, bibir vagina yang gelap juga dipengaruhi oeh pigmentasi pada sekitaran vagina.

Walau terkesan wajar, tapi Anda harus tetap waspada. Pasalnya, semakin gelap warna dari organ intim bisa menjadi kemungkinan sebuah penyakit akan menyerang Anda. Menurut Lindsey Bordone, warna organ intim yang semakin gelap dan pekat merupakan sebuah indikasi seseorang mengalami peningkatan kadar gula dalam darah atau diabetes.