Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Makan Ceker Ayam Selama Kehamilan

DokterSehat.Com– Ceker ayam atau kaki ayam adalah makanan yang yang biasa kita temukan di rumah makan. Makanan ini mungkin membuat Anda jijik, Anda akan membayangkan lingkungan kandang ayam yang kotor, banyak kuman, bakteri dan penyakit, banyak orang menghindari makanan ceker ayam. Namun, ceker ayam di beberapa tempat di Indonesia dibuat menjadi makanan yang lezat dan memiliki harga yang mahal.

Di antara makanan dari ceker ayam adalah mie ayam ceker, sup ceker ayam dan berbagai jenis makanan lainnya. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara seperti Filipina, Korea, China, Vietnam, Afrika dan Amerika juga memakai ceker ayam dan diolah menjadi makanan yang lezat.

Salah satu alasan mengapa memasak ceker ayam ke dalam makanan adalah untuk menyediakan nutrisi besar bagi kehamilan. Ceker ayam memiliki sedikit daging dan memiliki tulang lunak yang lezat. Tapi, Anda tahu bahwa manfaat kesehatan ceker ayam sangat banyak.

Berikut adalah fakta-fakta tentang manfaat kesehatan caker ayam bagi kehamilan.

1. Ceker ayam kaya kolagen

Ceker ayam mengandung banyak kolagen. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Kedokteran Hewan Chung-Hsing University di Taiwan, terungkap bahwa ceker ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Bahkan kadar kolagen alami dalam ceker ayam mirip dengan kolagen yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau dan buah-buahan. Kolagen adalah salah satu zat khusus yang diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit. Manfaat kolagen yang terkandung dalam cakar ayam sangat banyak, antara lain:

Kolagen bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan membentuk kulit yang elastis karena mendukung pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru lebih cepat.

Bermanfaat membantu tubuh menyerap kalsium dan protein yang membuat tubuh menjadi lebih sehat. Ini baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

Kolagen bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah karena bekerja dengan memperkuat struktur pembuluh darah.

Membantu tubuh menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme lemak tubuh.

Kolagen dapat membuat struktur tulang menjadi lebih kuat dan mencegah penyakit kerapuhan tulang.

2. Kurangi risiko tulang rapuh

Kaki ayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan sendi dan menurunkan resiko tulang rapuh pada ibu hamil. Penyakit sendi dan tulang rapuh biasanya terjadi pada orang tua. Penyebabnya adalah tubuh tidak bisa mendapatkan kalsium dan tulang tidak mampu menyerap kalsium dengan baik. Jadi, dengan konsumsi ceker ayam selama kehamilan, akan memberikan efek yang baik pada janin.

Bagian ceker ayam hanya terdiri dari kulit, tendon dan tulang. Kandungan ceker ayam yang kaya protein, kalsium, tulang rawan dan kolagen dapat dengan mudah diserap oleh tubuh. Nutrisi sangat penting untuk memperkuat struktur tulang dan dapat mencegah keropos tulang pada lansia.

3. Bersifat menyembuhkan

Manfaat kesehatan ceker ayam adalah untuk menyembuhkan luka. Ceker ayam mengandung nutrisi seperti protein dan kalsium. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu regenerasi saraf, otot dan tulang manusia. Riset yang telah dilakukan oleh seorang peneliti di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa nutrisi tersebut dapat membantu menyembuhkan cedera. Bahkan kondisi cedera sumsum tulang belakang diyakini cepat sembuh dengan mengonsumsi makanan yang mengandung ceker ayam.

4. Manfaat ceker ayam untuk pencernaan

Ceker ayam bisa dibuat menjadi kaldu atau sup yang rasanya menyegarkan. Bagian ceker ayam yang mengandung jaringan ikat dan tulang rawan sangat lezat. Bahkan semua nutrisi seperti protein, kolagen, chondroitin dan glukosamin juga akan larut ketika dimasak ke dalam kaldu. Khasiat berbagai macam nutrisi juga sangat baik untuk membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan menghindari ibu hamil sembelit. Efek nutrisi juga sangat penting untuk membuat usus menjadi lebih lembut, sehingga membuat saluran pencernaan Anda menjadi lebih sehat.

5. Menjaga kesehatan kuku

Manfaat ceker Ayam menyehatkan kuku. Ceker ayam yang dimasak akan menarik beberapa nutrisi penting untuk tubuh. Kaldu atau beberapa hidangan lainnya dari ceker ayam bisa menghasilkan asam amino, kolagen, glisin, hidroksipolin, dan prolin yang dapat membantu menjaga kuku tetap sehat. Ceker ayam yang dimasak biasanya akan mengeluarkan cairan atau gel tertentu yang mengandung gelatin. Nutrisi ini membantu tubuh memproses kalsium yang diserap oleh kuku.

6. Mempertahankan kesehatan gusi

Cakar ayam juga memiliki manfaat signifikan bagi kesehatan gusi juga memiliki manfaat yang sama untuk perkembangan janin. Gum adalah jaringan kuat yang digunakan untuk mendukung gigi. Beberapa jenis penyakit gusi sering disebabkan oleh masalah kesehatan gigi yang buruk. Namun, itu juga bisa menyebabkan masalah di dalam tubuh. Kekurangan vitamin dan nutrisi lainnya juga akan menciptakan masalah di gusi. Ceker ayam adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi dalam jumlah sangat banyak. Ada jaringan ikat dan tulang rawan yang bisa berubah menjadi gel karena mengandung kolagen, asam amino, dan beberapa zat pembentuk gelatin. Itu sebabnya semua zat ini akan memperbaiki kondisi kesehatan gusi.

7. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Ini adalah manfaat besar dari ceker ayam. Makanan ini terkenal untuk semua nutrisi yang diperlukan seperti kolagen atau zat pembentuk gelatin. Selain itu, ceker ayam juga mengandung berbagai jenis mineral seperti seng, tembaga, magnesium, kalsium, dan fosfor. Semua mineral ini dibutuhkan oleh organ tubuh untuk membangun kesehatan dan mengatasi berbagai macam penyakit. Dengan mengonsumsi ceker ayam, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil.

Ini adalah beberapa manfaat kesehatan ceker ayam yang perlu diketahui sehingga kita bisa memanfaatkan dalam mendapatkan nutrisi dari makanan ayam. Masih ada banyak manfaat dari ceker ayam, seperti membentuk probiotik alami yang bermanfaat untuk usus yang sehat, membangun kekebalan tubuh. Selain itu, juga berguna untuk mencegah kerusakan jaringan dan menstabilkan hormon tubuh. Keseimbangan hormon-hormon ini dapat mengatasi stres dalam hidup.