Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah Miom Menyebabkan Susah Hamil?

doktersehat miom bisa hamil
Photo credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Munculnya miom di dalam rahim menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar wanita. Banyak yang beranggapan bahwa wanita yang memiliki miom akan sulit hamil. Benarkah demikian?

Apa itu miom?

Miom adalah pertumbuhan sel tumor di dalam rahim dan tidak bersifat ganas atau kanker. Miom juga dikenal dengan nama lain mioma atau uteri fibroid. Miom muncul dari pertumbuhan abnormal sel-sel yang ada di alam otot rahim sehingga membentuk tumor jinak.

Hingga kini penyebab munculnya miom belum dapat diketahui dengan pasti. Umumnya kondisi ini dikaitkan dengan munculnya hormon estrogen. Selain itu miom juga lebih banyak ditemui pada wanita dengan berat badan berlebih dan wanita yang memiliki riwayat miom dalam keluarganya.

Ukuran miom dapat bervariasi mulai dari seukuran biji-bijian hingga berukuran besar yang dapat membuat ukuran rahim ikut membesar. Jumlah miom yang muncul bisa hanya satu, namun bisa juga muncul beberapa sekaligus.

Apakah memiliki miom berarti sulit hamil?

Dilihat dari lokasi tumbuhnya miom, miom dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1.Miom intramural

Miom jenis ini tumbuh di antara jaringan otot rahim. Miom ini merupakan jenis miom yang paling sering terjadi. Beberapa gejalanya adalah siklus haid tidak teratur, nyeri haid, dan jumlah darah saat haid yang berlebih.

2. Miom subserous

Miom jenis ini tumbuh di bagian luar dinding rahim, ke rongga panggul. Miom jenis ini dapat tumbuh menjadi sangat besar. Miom ini umumnya baru menujukkan gejala jika ukurannya sudah membesar. Salah satu gejala yang perlu diwaspadai adalah munculnya benjolan dan sering buang air kecil.

3. Miom submucous

Miom jenis ini tumbuh di lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim. Umumnya miom ini dapat menyebabkan pendarahan parah dan komplikasi serius lainnya.

4. Miom pedunculated

Miom jenis ini tumbuh di batang kecil di dalam atau di luar rahim.

Menurut penelitian, ada beberapa jenis miom yang memang dapat menurunkan peluang kehamilan, yaitu jenis miom intramural dan miom submukosa. Namun dengan penanganan yang tepat (diangkat), hal ini dapat mengembalikan peluang kehamilan hingga 70%.

Untuk itu, jika Anda memiliki gejala miom, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Jika memang ditemukan miom, konsultasikan dengan dokter mengenai penanganan yang tepat agar tidak mengganggu kesuburan Anda.