Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Bekal yang Wajib Dibawa Saat Sedang Mudik

doktersehat buah-buahan

DokterSehat.Com – Kurang dari dua hari lagi kita sudah bisa melakukan mudik dan berkumpul dengan keluarga yang ada di rumah. Anda sudah bisa siap-siap dari sekarang dengan melakukan pengepakan pakaian yang akan dibawa dan barang apa saja yang akan dibawa ke rumah untuk oleh-oleh.

Selain barang-barang di atas, jangan lupa untuk membawa obat-obatan dan perlengkapan kesehatan lain seperti minyak kayu putih, salep, dan masker. Selanjutnya, Anda juga harus mempersiapkan bekal untuk mudik agar selama perjalanan masih bisa sahur dan berbuka puasa dengan lancar.

Berikut beberapa jenis bekal yang harus Anda dan bisa dijadikan inspirasi sebelum melakukan perjalanan jauh.

  1. Air mineral

Bekal pertama yang harus ada dan tidak boleh dilupakan adalah air mineral. Ketimbang Anda membawa bekal teh rasa-rasa atau minuman manis lainnya, bawa saja air mineral dengan cukup.

Kalau Anda mudiknya dengan kendaraan umum usahakan membawa air botol tanggung sejumlah 2. Minumlah sampai habis saat sahur dan saat berbuka puasa. Kalau kurang Anda bisa membelinya lagi saat bus berhenti di rest area.

  1. Roti gandum

Perjalanan mudik biasanya berlangsung selama 1-2 hari kalau menggunakan jalur darat. Sementara itu kalau menggunakan jalur laut bisa 3-7 hari dan bergantung dengan jarak yang ditempuh.

Anda bisa membawa roti gandum untuk dimakan selama perjalanan. Bawa juga oles-oles berupa selai atau kalau tidak suka yang manis bisa membawa keju.

  1. Kue kering

Kue kering cocok untuk bekal karena tidak mudah basi atau berjamur selama perjalanan. Anda bisa memakannya untuk pengganjal perut sebelum berhenti di restoran atau tempat makan untuk menyantap makanan yang lebih baik.

  1. Kurma

Kenapa harus membawa kurma saat mudik? Karena kurma memiliki rasa manis dan segudang kelebihan lainnya. Makan kurma akan membuat Anda tidak mudah lapar, daya tahan tubuh meningkat, dan serat tinggi.

Bawa beberapa butir kurma untuk pengganjal perut. Jangan biarkan tubuh tidak terisi apa pun setelah waktu sahur dan berbuka tiba.

  1. Buah-buahan

Ada banyak buah-buahan yang bisa dibawa saat mudik bersama keluarga atau sendirian saja. Buah-buahan yang bisa dibawa saat mudik adalah apel, pisang, jeruk, dam buah lain yang memberikan rasa kenyang dan mencegah munculnya mabuk darat.

Konsumsi buah saat sedang sahur atau berbuka puasa. Manfaatkan buah untuk pengganjal perut sementara sebelum membeli makanan yang lebih baik dan penih dengan nutrisi.

  1. Sereal atau oatmeal cepat saji

Terkadang dalam perjalanan kita selalu malas makan karena takut perut akan bergejolak atau mabuk. Nah, untuk mengatasi hal itu Anda bisa membawa sereal atau oatmeal siap saji yang bisa diseduh dengan air hangat sebelum dimakan.

Bawalah termos kecil berisi air panas yang bisa digunakan untuk menyeduh makanan instan tersebut. Bawa juga gelas kecil sekali pakai agar tidak bingung mencuci wadah yang digunakan.

  1. Kacang-kacangan

Bekal terakhir yang bisa dibawa dan dijadikan andalan saat mudik adalah kacang-kacangan. Anda bisa membawanya satu wadah yang siap makan, bukan kacang kulit yang membutuhkan waktu untuk membukanya.

Kacang mengandung lemak dan protein yang cukup tinggi. Mengonsumsi kacang akan memberikan tenaga yang lebih besar pada tubuh. Meski tidak makan nasi sekali pun Anda bisa kenyang hanya dengan mengonsumsi beberapa genggam kacang asin.

Nah, semoga beberapa inspirasi bekal untuk mudik di atas bisa Anda gunakan sebagai acuan. Selamat merencanakan mudik agar bisa bertemu dengan keluarga.