Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ampuh! Ini 5 Langkah Super Mudah Cegah Kanker

doktersehat-manfaat-brokoli
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Kanker menjadi salah satu penyakit tidak menular yang kini menjadi penyebab kematian tertinggi di dunia. Tak heran kini berbagai cara mulai dipromosikan dan semakin banyak pula orang yang mulai mencari bagaimana cara pencegahan kanker yang ampuh dan mudah dilakukan.

Ada cukup banyak cara yang bisa diusahakan untuk mencegah kanker, mulai dari pola hidup, pola makan dan pola aktivitas fisik yang sehat. Beberapa cara diantaranya ternyata cukup mudah kita lakukan sehari-hari, lho.

Ya, cara mudah untuk mencegah kanker bisa kita lakukan dengan mudah melalui, pengaturan pola hidup sehat, utamanya pemilihan makanan yang tepat agar asupan gizi dalam tubuh mampu mencegah radikal bebas.

Pakar kesehatan Laura Martin, dari WebMD, menjabarkan lima cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya kanker. Yuk, sama-sama kita simak di bawah ini!

1.Mengonsumsi brokoli lebih banyak dan sering

Seperti yang kita tahu, buah dan sayur adalah jenis makanan paling ampuh untuk mencegah sel radikal bebas dalam tubuh. Hal ini disebabkan asupan gizi, serat dan kandungan lemak yang rendah pada buah dan sayur.

doktersehat-brokoli-sehat-sayur-nutrisi-vitamin

Salah satu jenis sayur yang paling direkomendasikan untuk mencegah kanker adalah brokoli. Brokoli membantu melindungi terjadinya kerusakan DNA dan melawan sel radikal bebas yang bisa mengubah sel dalam tubuh menjadi sel kanker yang berbahaya.

Selain brokoli, kubis dan kale juga terbukti memiliki efek yang mirip dengan brokoli dalam mencegah kanker.

2.Kurangi konsumsi processed meat, atau daging yang diolah

Anda masing sering mengonsumsi sosis, hot dog, nugget atau daging olahan lainnya? Jika ya, maka sebaiknya kini kebiasaan tersebut mulai Anda tinggalkan karena sudah cukup banyak asosiasi kesehatan dan pedoman gizi yang bahkan sama sekali tidak menganjurkan kita mengonsumsi processed meat tersebut.

doktersehat-sosis

Hal ini dikarenakan konsumsi processed meat berkepanjangan terbukti dapat menyebabkan berbagai risiko kanker, utamanya kanker pencernaan.

3.Hindari konsumsi makanan yang berisiko memiliki efek toksik

Meskipun jarang, makanan yang memiliki efek toksik umumnya ada pada makanan dengan berbagai kandungan bahan tambahan pangan yang berbahaya, misalnya benzena.

doktersehat-belanja-makanan-kemasan

Untuk itu, pastikan Anda banyak mengonsumsi bahan makanan dalam bentuk segar atau mengonsumsi makanan kemasan yang telah terjamin produksinya, dipastikan dengan mengetahui produsen industrinya, komposisi dan memerhatikan tampilan fisik produk.

4.Tidak merokok

Kerap dianggap tak berpengaruh pada kesehatan, nyatanya rokok selalu terbukti memengaruhi berbagai penyerapan atau ketersediaan asupan gizi dalam tubuh.

doktersehat-rokok-1024

Rokok menyebabkan rendahnya kadar gizi dalam tubuh yang membuat tubuh tidak lagi memiliki zat yang mampu melawan ataupun melindungi tubuh dari sel radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, merokok membuat risiko tubuh mengalami penyakit menjadi semakin besar yang tidak diimbangi dengan sistem imun yang baik. Kondisi ini yang kemudian membuat daya tahan tubuh lemah dan risiko kanker pada perokok menjadi semakin besar.

5.Usahakan segera mengonsumsi obat saat sedang sakit

Agar tubuh selalu fit, usahakan agar segera mengonsumsi obat saat sedang sakit.

doktersehat sakit flu

Hal ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh lebih optimal selama sakit sehingga tidak mudah terserang virus lainnya.

Beberapa jenis obat juga memiliki efek pencegahan kanker pencernaan dan payudara dalam tubuh, yaitu obat golongan tamoxifen dan raloxifene. Akan tetapi perlu diingat bahwa penentuan obat berdasarkan kondisi sakit harus ditentukan oleh dokter, ya.
Nah, itu dia lima langkah mudah mencegah kanker, benar-benar mudah dilakukan, bukan?