Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas, 3 Kebiasaan ini Bisa Sebabkan Kanker Mata

mengembalikan-mata-sehat-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Mata adalah salah satu aset berharga bagi setiap manusia. Sebab, dengan indera yang satu ini, setiap orang bisa memandang keindahan dunia beserta isinya. Karena mata teramat penting bagi kehidupan, maka menjaga mata agar tetap sehat adalah kewajiban yang tidak boleh dilalaikan.

Mata juga bisa dikatakan sebagai organ vital dan mudah terserang gangguan serta penyakit. Adapun berbagai macam gangguan mata mulai dari miopia, miopi, dan silinder. Namun, berbagai masalah tersebut masih bisa diatasi dengan mengenakan kacamata atau operasi lasik. Tapi ada satu masalah mata yang sangat serius dan cukup mengkhawatirkan, yaitu kanker mata.

Kanker mata sendiri bisa terjadi akibat pertumbuhan sel di jaringan mata yang tak terkendali. Jika sudah sampai tahap ini, maka yang menderitanya harus segera mengambil tindakan sebab sel tersebut bisa menyebar ke daerah yang lain. Nah, sebelum terkena penyakit yang cukup ganas ini, ada baiknya Anda mencegahnya sejak dini.

Pasalnya, ada beberapa kebiasaan yang bisa memicu datangnya kanker mata. Untuk lebih jelas, berikut diantaranya:

1. Terlalu Lama Menghadap Layar

Jika sebelum era digital datang, satu-satunya ancaman bagi mata adalah layar televisi. Namun, semakin ke sini, begitu banyak ancaman datang, mulai dari layar laptop, komputer, dan ponsel. Pasalnya, menatap layar terlalu lama tidak hanya membuat mata menjadi sakit, tapi juga bisa memecah jaringan serta sel yang memicu datangnya kanker mata.

2. Jarang Dibersihkan

Jangan dianggap sepele, mata pun juga perlu dibersihkan layaknya tubuh. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang mengabaikannya. Padahal, membersihkan mata adalah hal yang sederhana dan tak membutuhkan waktu lama. Anda bisa menggunakan air bersih ataupun produk yang direkomendasikan oleh dokter untuk menjaga kebersihan mata. Sebab, mata yang kotor bisa memicu terjadinya iritasi yang mengakibatkan munculnya sel kanker.

3. Sinar Matahari

Sinar matahari memang berpotensi merugikan bagi tubuh karena ultravioletnya. Paparan sinar matahari bisa membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Selain itu, sinar matahari juga bisa membuat mata menjadi tak sehat. Apalagi jika Anda adalah seorang yang bekerja di luar ruangan, tentunya Anda akan terkontak langsung dengan matahari. Untuk mencegahnya, disarankan agar menggunakan kaca mata hitam atau kaca mata anti sinar matahari.