Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tak Hanya Duduk, Berdiri Terlalu Lama Juga Berbahaya Bagi Kesehatan

doktersehat-jalan-kerja-sehat
pic credit: abstrkt.ch

DokterSehat.Com– Mungkin kita semua sudah sangat sering mendengar dampak negatif serta bahayanya kebiasaan terlalu sering duduk. Hal ini berlaku bagi siapapun, khusunya bagi pekerja kantoran yang setiap hari menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk dudu menghadap layar komputer. Kebiasaan yang sat ini bisa memicu datangnya berbagai macam penyakit berbahaya, bahkan mematikan.

Namun, tak hanya duduk saja, tahukah Anda bahwa ternyata berdiri terlalu lama pun bisa menimbulkan efek yang sama. Sebab, bagaimanapun juga, tubuh kita butuh keseimbangan gerak, yaitu duduk, berdiri, dan tidur. Semuanya harus seimbang dan tidak boleh berat di salah satu gerakan saja.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa efek samping yang bisa kita dapatkan jika terlalu lama berdiri.

1. Nyeri Otot Kaki

Salah satu dampak dari terlalu sering berdiri adalah terjadinya nyeri pada otot kaki. Biasanya, nyeri ini akan datang berangsur dan perlahan-lahan hingga akhirnya sangat terasa. Sebab, ketika kita berdiri maka kaki membutuhkan energi untuk menopang badan yang tidak ringan. Boleh jadi, kaki kuat menopang dalam beberapa saat, namun jika terlalu lama maka otot tersebut akan sobek dan menyebaban cedera.

2. Nyeri pada Pinggang

Tak hanya menyebabkan nyeri pada otot kaki saja. Pasalnya, terlalu lama berdiri juga bisa menyebabkan munculnya nyeri pada bagian tubuh lainnya, seperti pinggang. Hal ini dikarenakan ketika otot kaki sudah tak mampu menahan tubuh, maka otot pinggang akan mengambil alih peran tersebut. Akibatnya, pinggang akan menjadi nyeri. Jika sudah seperti ini, maka sulit untuk disembuhkan dan butuh terapi khusus.

3. Risiko Penyakit Jantung

Tak hanya duduk saja yang bisa memicu datangnya jantung, tapi berdiri terlalu lama juga. Sebab, dengan berdiri terlalu lama membuat aliran darah yang turun menjadi naik kembali ke jantung. Akibatnya akan terjadi arterosklerosis, yaitu plak pada pembuluh darah jantung. Jika dibiarkan, maka jantung akan mengalami gangguan yang cukup mengkhawatirkan. Untuk itu, sesekali Anda harus duduk agar suplai darah menjadi lancar kembali.