Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Bisa Mendonasikan Ginjal ke Suaminya, Wanita Ini Rela Menurunkan 50 Kg Berat Badan!

Cynara-donasikan-Ginjal-ke-Suami-doktersehat
Photo Credit: Channel Nine

DokterSehat.Com– Suami Cynara Stalenhoef, Matt didiagnosis terkena kondisi genetik langka yang berdampak buruk bagi kesehatan ginjalnya. Agar bisa tetap hidup, dokter menyarankannya untuk mendapatkan donor ginjal. Sang istri yang tidak ingin kehilangan teman hidupnya pun berinisiatif untuk mendonorkan ginjalnya.

Photo Credit: Channel Nine

Dikutip dari Honey Nine, wanita dari Perth ini memiliki golongan darah yang sama dengan suaminya sehingga berpikir jika Ia bisa mendonorkan ginjalnya. Sayangnya, meskipun ginjalnya cocok, Cynara memiliki masalah lain, yakni Ia mengalami masalah kelebihan berat badan sehingga sulit untuk menjadi pendonor.

Tahu bahwa suaminya sangat membutuhkan ginjal, Cynara pun langsung bertekad untuk menurunkan berat badannya secepat mungkin. Hasilnya adalah, jika pada tahun 2015 lalu beratnya mencapai 108 kg, kini berat badannya hanya 54 kg. Hal ini berarti, Ia berhasil menurunkan berat badannya lebih dari 50 kg.

Dengan bercanda, Cynara berkata bahwa terakhir kali Ia memiliki berat badan seperti ini adalah saat masih bayi mengingat Ia sudah lama sekali mengalami masalah kelebihan berat badan.

Dua tahun terakhir, Matt menjalani kemoterapi demi mengatasi masalah kesehatannya, yakni tuberos sclerosis, sejenis tumor yang menyerang ginjalnya. Dokter berkata bahwa meski usianya baru 44 tahun, ginjalnya seperti sudah berusia 80 tahun. Yang menjadi masalah adalah tumor ini bisa berubah menjadi kanker sehingga harus segera diatasi.

Demi menurunkan berat badannya, Cynara rela berlari marathon. Dari awalnya hanya kuat berlari 5 km saja, lama-kelamaan Cynara bisa berlari hingga 10 km dan bahkan mengikuti lomba marathon 42 km!

Tumor dalam ginjal Matt sudah tak lagi tumbuh. Meskipun begitu, sewaktu-waktu Ia bisa saja membutuhan donor ginjal sehingga Cynara pun kini bertekad untuk mempertahankan berat badannya tetap ideal agar bisa membantu pasangannya kapan saja.

Cinta memang bisa membuat seseorang melakukan hal yang hebat ya?